Selasa, 06 November 2012

Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan pelajar dapat memenfaatkan media internet sebagai media penunjang. Sekarang banyak para pelajar yang lebih tertarik dengan internet sebagai media belajar dibandingkan dengan perpustakaan. Memang internet mengandung segi negative,akan tetapi kita sebagai bias mengambil segi positifnya saja. Dengan internet dunia pendidikan akan lebih maju.

Berikut beberapa manfaat internet bagi dunia pendidikan yang bisa diambil dari adanya fasilitas internet di sekolah maupun ditempat lain bagi pendidikan kita :

1. Akses ke sumber informasi, sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapi oleh dunia pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informai yang sayangnya tidak murah. Selain masalah tempat, buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga yang mahal. Pengelolaannya juga tidak mudah, sehingga banyak tempat yang tidak memiliki (perpustakaan) yang lengkap. Adanya internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apa pun yang anda minati pasti ada informasinya di Internet. Di Indonesia masalah kelangkaan sumber informasi konvensional lebih berat dibandingkan tempat lain, sehingga internet benar-benar menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

2. Akses interaktif/konsultasi, dengan adanya internet siswa bisa melakukan interaksi/berkonsultasi dengan orang lain. Dengan dukungan sarana email, chatting, voip bahkan video, para siswa dimungkinkan untuk melakukan interaksi atau pertukaran informasi dengan pihak lain. Tidak ada batasan tempat, cepat dan dengan biaya yang murah bila dibandingkan dengan harus bertatap muka.

3. Administrasi dan manajemen pendidikan, manajemen data pendidikan bisa dilakukan secara berangkai, terhubung dalam satu sistem komunikasi dua arah, mulai dari kantor Departemen Pendidikan, dinas propinsi, kabupaten kota, sampai ke masing-masing sekolah, dan sebaliknya. Dengan begitu, administrasi pendidikan yang mencakup lalulintas informasi pendidikan bisa dilaksanakan dengan mudah, lancar, cepat dan lebih murah. Internet ini akan sangat mendukung kondisi negara kita yang begitu luas dan terpisah dengan beberapa pulau. Bisa dibayangkan kalau tidak ada internet, betapa kesenjangan informasi yang akan terjadi antar sekolah yang terletak di kota/kabupaten yang letaknya jauh terpisah.

Akhirnya, internet diharapkan dapat membantu mempercepat perkembangan pendidikan. Pendidikan lebih maju dan berkualitas. Pada gilirannya pendidikan dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang cerdas akan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sebagai bagian dari Teknologi Informasi, internet memang ibarat pisau bermata dua. Disatu sisi, teknologi ini bisa bermanfaat apabila digunakan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat, seperti: mencari bahan-bahan pelajaran sekolah, diskusi mata pelajaran, mencari program beasiswa, konsultasi dengan pakar, belajar jarak jauh, dan mencari metode-metode pengajaran berbasis multimedia. Namun sayangnya penggunaan internet justru malah bergeser kepada hal-hal yang negatif dan ini harus menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat. Karena bagaimanapun, kita tetap membutuhkan internet sebagai sarana informasi dan komunikasi yang bersifat global, namun disisi lain kitapun juga harus siap untuk melakukan antisipasi untuk mengatasi dampak-dampak negatifnya. Dan inilah persoalan bersama kita.
 
http://raditya-anggano.blogspot.com/2011/10/manfaat-internet-dalam-dunia-pendidikan.html

1 komentar:

  1. Makasih sob udah share, blog ini sangat membantu saya sekali .......................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus